Tanya : Ada sebagian orang yang yang mengatakan bahwa kita tidak
boleh memilih-milih guru atau ustadz dalam menuntut ilmu agama karena (katanya)
jika kita punya sikap memilih-milih menunjukkan bahwa kita termasuk orang yang
sombong. Namun sebagian lain mengatakan bahwa kita tidak boleh sembarangan
memilih guru/ustadz dalam hal itu. Bagaimana sebenarnya kedudukan permasalahan
ini ?
Jawab : Ilmu agama (ilmu syar’i) adalah adalah sarana dalam
memperoleh keselamatan dan kemenangan dunia – akhirat. Allah ta’ala telah
berfirman :
هُوَ
الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى
الدِّينِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا
”Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya
dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar
dimenangkan- Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai
saksi.” [QS. Al-Fath : 28].
وَمِنْهُمْ مَنْ
يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا
فِي
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي
الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Dan di antara mereka ada orang yang
berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di
dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”
[QS. Al-Baqarah : 201].
Mengenai ayat di atas, Al-Hasan (w. 110 H) berkata : ”Yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah ilmu dan ibadah”. Beliau menambahkan : ”Dan kebaikan akhirat – maksudnya adalah surga” [Jaami’ Bayaanil-’Ilmi wa Fadhlihi oleh Ibnu ’Abdil-Barr, hal. 36, Maktabah Al-Misykah].
Mengenai ayat di atas, Al-Hasan (w. 110 H) berkata : ”Yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah ilmu dan ibadah”. Beliau menambahkan : ”Dan kebaikan akhirat – maksudnya adalah surga” [Jaami’ Bayaanil-’Ilmi wa Fadhlihi oleh Ibnu ’Abdil-Barr, hal. 36, Maktabah Al-Misykah].
Disebabkan ilmu agama adalah ilmu
yang sangat mulia, maka ia tidaklah boleh dituntut kecuali
dari orang-orang yang ikhlash, terpercaya, lagi mempunyai pemahaman yang lurus.
Allah telah memberikan contoh yang sangat baik kepada kita akan hal tersebut,
yaitu ketika Dia mengisahkan pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Khidir
’alaihimas-salaam :
فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ
عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ
عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ
لَدُنَّا عِلْمًا * قَالَ
لَهُ
مُوسَى
هَلْ
أَتَّبِعُكَ عَلَى
أَنْ
تُعَلِّمَنِ مِمَّا
عُلِّمْتَ رُشْدًا
Lalu mereka bertemu dengan seorang
hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari
sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. Musa
berkata kepada Khidhr: “Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan
kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?”
[QS. Al-Kahfi : 65-66]
Di sini Allah telah memerintahkan
Nabi Musa untuk menemui Nabi Khidir yang mempunyai keutamaan besar di sisi
Allah. [1]
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam bersabda :
يحمل
هذا
العلم
من
كل
خلف
عدوله
ينفون
عنه
تحريف
الغالين وتأويل
الجاهلين وانتحال المبطلين قال
فسبيل
العلم
ان
يحمل
عمن
هذه
سبيله
ووصفه
”Ilmu (agama) ini akan dibawa oleh
orang-orang terpercaya dari setiap generasi. Mereka akan meluruskan
penyimpangan orang-orang yang melampaui batas, ta’wil orang-orang jahil,
dan pemalsuan orang-orang bathil. Ilmu ini hanya layak disandang oleh
orang-orang yang memiliki karakter dan sifat seperti itu” [lihat Al-Jaami’
li-Akhlaqir- Raawi wa Adabis-Saami’ oleh Al-Khathib Al-Baghdadi 1/129 –
shahih].
Oleh karena itu, para
ulama telah memberikan peringatan bahwa ilmu agama ini tidaklah dituntut secara
sembarangan kepada setiap orang tanpa ”seleksi”.
Hal ini tercermin dalam pesan beliau shallallaahu ’alaihi wasallam kepada Ibnu
’Umar radliyallaahu ’anhuma :
يا
بن
عمر
دينك
دينك
انما
هو
لحمك
ودمك
فانظر
عمن
تأخذ
خذ
عن
الذين
استقاموا ولا
تأخذ
عن
الذين
مالوا
”Wahai Ibnu ’Umar, agamamu ! agamamu
! Ia adalah darah dan dagingmu. Maka perhatikanlah
dari siapa kamu mengambilnya. Ambillah dari orang-orang yang
istiqamah (terhadap sunnah), dan jangan ambil dari orang-orang yang melenceng
(dari sunnah)” [Al-Kifaayah fii ’Ilmir-Riwayah oleh Al-Khathib hal. 81, Bab Maa
Jaa-a fil-Akhdzi ’an Ahlil-Bida’ wal-Ahwaa’ wa Ihtijaaj bi-Riwayaatihim,
Maktabah Sahab].
’Ali bin Abi Thalib radliyallaahu
’anhu ketika berada di masjid Kuffah (’Iraq) pada suatu hari pernah berkata :
انظروا
عمن
تأخذون
هذا
العلم
فإنما
هو
الدين
”Lihatlah dari siapa
kalian mengambil ilmu ini, karena ia adalah dien/agama” [idem].
Muhammad bin Sirin (seorang pembesar
ulama tabi’in) berkata :
إن
هذا
العلم
دين
فانظروا عمن
تأخذون
دينكم
”Sesungguhnya ilmu ini adalah agama,
maka lihatlah dari siapakah kalian mengambil agama
kalian” [Diriwayatkan oleh Muslim dalam
muqaddimah kitab Shahih-nya 1/7 Maktabah Sahab].
Dari perkataan di atas kita dapatkan
petunjuk dari Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam serta para shahabat dan
tabi’in (serta ulama lain setelah mereka) agar kita mengambil ilmu dari orang
yang alim, ’adil (terpercaya dalam agamanya) dan istiqamah, serta melarang
mengambil ilmu dari orang-orang jahil dan fasiq. Al-Imam Malik bin Anas menambahkan : ”Ilmu tidaklah
diambil dari empat orang :
من
سفيه
معلن
بالسفه
وإن
كان
أروى
الناس
ولا
تأخذ
من
كذاب
يكذب
في
أحاديث
الناس
إذا
جرب
ذلك
عليه
وإن
كان
لا
يتهم
ان
يكذب
على
رسول
الله
صلى
الله
عليه
وسلم
ولا
من
صاحب
هوى
يدعو
الناس
الى
هواه
ولا
من
شيخ
له
فضل
وعبادة
إذا
كان
لا
يعرف
ما
يحدث
”(1) Orang yang bodoh yang
menampakkan kebodohannya meskipun ia banyak meriwayatkan dari manusia;
(2) Pendusta yang ia berdusta saat
berbicara kepada manusia, meskipun ia tidak dituduh berdusta atas nama
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam (dalam hadits);
(3) Orang yang menurutkan hawa
nafsunya dan mendakwahkannya; dan
(4) Orang yang mempunyai keutamaan
dan ahli ibadah, namun ia tidak tahu apa yang
dikatakannya (yaitu tidak faqih)” [Al-Kifaayah 1/77-78].
Tuntutan untuk memilih orang yang
akan diambil ilmunya adalah merupakan kenyataan dan keniscayaan dalam
merealisasikan kemaslahatan agama kita. Secara akal sehat, tentu kita tidak
bisa menerima perkataan orang-orang yang telah divonis para ulama sebagai orang yang fasiq, sesat, dan menyimpang (seperti
beberapa kelompok kontemporer belakangan).
Akan tetapi, di jaman sekarang
sungguh sangat sulit bagi sebagian orang untuk menilai siapa orang yang berada
di atas sunnah dan siapa yang tidak berada di atas sunnah. Selain kebodohan
yang telah merajalela, banyak orang (yang sebenarnya) jahil namun berhias
dengan pakaian dan perkataan ulama (berlagak seperti orang berilmu). Nampaklah
ia di mata masyarakat dan teranggaplah ia sebagai ”ulama”. Tidaklah aneh jika
kemudian muncul para da’i ”dadakan” yang bukan merupakan lulusan
majelis-majelis ilmu. Tidak lebih, mereka hanyalah lulusan majelis gelak tawa
dan hiburan (entertainment) . Menjamurlah para komedian dan penyanyi (artis)
yang telah ”beralih profesi” menjadi da’i. Masyarakat awam pun menjadi tertipu
atas ulah mereka. Dan inilah fitnah dan bencana besar yang melanda umat.
Abdullah bin Mas’ud radliyallaahu ’anhu berkata :
لا
يزال
الناس
بخير
ما
أخذوا
العلم
عن
أكابرهم فإذا
أخذوه
من
أصاغرهم وشرارهم هلكوا
”Senantiasa umat manusia dalam
kebaikan selama mereka mengambil ilmu dari para
akaaabir (yaitu ahli ilmu/ulama) mereka,. Jika mereka mengambil ilmu
dari ashaaghir (orang-orang bodoh dan pelaku bid’ah)
dan orang-orang jelek di antara mereka, niscara mereka
akan binasa” [Jaami’ Baayanil-’Ilmi wa Fadhlihi oleh Ibnu
’Abdil-Barr Al-Andalusy hal. 112; Maktabah Al-Misykah].
Bila kita baca di kitab-kitab para
ulama terdahulu, niscaya kita akan melihat betapa mereka sangat hati-hati dalam
mengambil ilmu atau hadits dari seseorang. Misalnya, sebagian di antara mereka
ada yang menilai dari parameter dhahir shalatnya. Jika shalatnya bagus (baik
dalam kaifiyatnya maupun semangat penegakkannya) , maka ia akan ambil ilmunya.
Namun jika jelek, ia tinggalkan.
Di jaman sekarang, sungguh lebih
jelek keadaannya dibanding apa yang dialami ulama kita terdahulu. Ada sebagian
yang dianggap tokoh (ustadz) oleh masyarakat, namun melazimkan masbuk dalam
shalat berjama’ah di masjid. Atau bahkan tidak melazimkan shalat berjama’ah di
masjid sama sekali. [2]
Sebagian lagi dari mereka ada yang
mencukur habis jenggotnya hanya dengan alasan penampilan dan ”kerapian”. Jika
ada yang mengingatkannya, maka dijawab dengan enteng
bahwa hal itu hanya merupakan khilaf furu’iyyah semata (?!) [3].
Ada lagi yang lain yang membiarkan
istrinya tidak memakai jilbab syar’i.[4] Semangat dalam melakukan perbaikan
terhadap masyarakat, namun lemah lagi lalai terhadap
diri dan keluarganya yang notabene menjadi tanggung jawab
terbesar baginya di hadapan Allah kelak di hari akhirat. Ini suatu musibah.
Jikalau para ulama kita terdahulu mendapati model ulama, ustadz, atau pengajar
macam ini, entah apa yang akan mereka katakan..
Kita tidak mengatakan bahwa seorang
ulama, ustadz, atau pengajar itu harus ma’shum terbebas dari segala macam
kesalahan sehingga dapat diambil ilmunya. Benarnya
prinsip-prinsip aqidah dan manhaj adalah satu hal yang tidak bisa ditawar-tawar
lagi. Selain itu, kita juga menilai seberapa besar kecintaan orang
tersebut dalam menghidupkan sunnah/syari’at yang bersifat dhuhur (nampak) dalam
kehidupan sehari-harinya. [5]
Fenomena kebalikan dari hal di atas
adalah bahwa ada sebagian orang yang meninggalkan
seorang ulama, ustadz, atau pengajar tertentu yang dikenal berilmu (kompeten),
istiqamah, taqwa, dan semangat menjalankan sunnah-sunnah dalam Islam (baik bagi
diri, keluarga, dan masyarakat) hanya karena alasan
ketidaksenangannya semata. Tidak lain – menurut anggapannya –
ulama/ustadz/ pengajar tersebut dianggap bertentangan dengan kebiasaan,
tradisi, atau nidham-nidham (aturan/kebijakan) kelompok/organisasi yang ia
ikuti. Ini adalah tidak benar. Sikap ini merupakan buah dari sikap ta’ashub
(fanatik) terhadap madzhab, kelompok, atau tokoh-tokoh tertentu. Ia mengambil
al-walaa’ wal-baraa’ tidak berdasar atas nama Islam.
Kesimpulan : Memilih guru atau ustadz dalam mengajarkan ilmu agama itu perlu (dan bahkan harus) jika dilandasi oleh alasan-alasan
syar’i, bukan hawa nafsu. Hal itu bukanlah satu kesombongan yang
dilarang dalam agama. Namun jika ia memilih-milih ustadz atau pengajar hanya
karena alasan suka dan tidak suka (like and dislike) – padahal ia adalah seorang yang jahil yang butuh ilmu dari si
ustadz/pengajar bersangkutan –, maka perbuatan ini merupakan sikap kesombongan
yang menghancurkan. Ini adalah sikap pertengahan dari hal yang Saudara
tanyakan.
Wallaahu a’lam.
Abul-Jauzaa’ 1429
Catatan kaki :
[1] Kita tidak mengatakan bahwa Nabi Khidir lebih utama secara mutlak daripada Nabi Musal ‘alaihimas-salaam. Bahkan Nabi Musa lebih utama daripada Nabi Khidir sebagaimana dijelaskan para ulama. Masing-masing mempunyai keutamaan yang tidak dipunyai yang lainnya.
Catatan kaki :
[1] Kita tidak mengatakan bahwa Nabi Khidir lebih utama secara mutlak daripada Nabi Musal ‘alaihimas-salaam. Bahkan Nabi Musa lebih utama daripada Nabi Khidir sebagaimana dijelaskan para ulama. Masing-masing mempunyai keutamaan yang tidak dipunyai yang lainnya.
[2] Dari Abu Hurairah radliyallaahu
’anhu bahwasannya Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda (yang
artinya) : ”Demi (Allah) yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku telah
bermaksud memerintah (manusia untuk) mendatangkan kayu bakar untuk dikumpulkan,
dan memerintahkan shalat sehingga ia dikumandangkanlah adzan yang kemudian aku
perintahkan seseorang agar mengimaminya. Aku akan pergi menuju kaum laki-laki
(yang shalat di rumah) sehingga aku membakar rumah-rumah mereka” [HR. Bukhari
dan Muslim].
[3] Padahal, keharaman mencukur
habis jenggot merupakan kesepakatan para ulama mu’tabar empat madzhab. Ibnu
Hazm bahkan memasukkannya dalam daftar ijma’ dalam kitabnya Maraatibul-Ijma’
(hal. 157) dimana beliau berkata : { واتفقوا أن
حلق
جميع
اللحية
مثلة
لا
تجوز
} ”Para ulama sepakat (ijma’) bahwa mencukur habis jenggot adalah tidak boleh
(haram)”. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam
: ”Sesungguhnya orang musyrik itu membiarkan kumis mereka lebat. Maka
selisihilah mereka ! Peliharalah jenggot dan potonglah kumis kalian” [HR.
Al-Bazzar no. 8123; hasan]. Artikel terkait, silakan baca : http://abul-
jauzaa.blogspot. com/2008/ 05/hukum- jenggot-dalam- syariat-islam. Html
[4] Allah ta’ala berfirman : {يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ
لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ
جَلابِيبِهِنَّ} “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak
perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan
jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. [QS. Al-Ahzaab : 59].
[5] Kita tidak menilai pada sesuatu
hal yang sifatnya tersebunyi karena haram hukumnya tajassus (mencari-cari
sesuatu yang sifatnya tersembunyi) dari kesalahan manusia.
Komentar
Posting Komentar