Sejarah Lengkap Kehidupan Rasulullah ﷺ. Bag. 1

[Dalam sirahnya akan kita dapatkan makar, konspirasi musuh-musuh Islam yang mereka lakukan dengan rapi dan sistimatis.]
Sirah Nabawiyah Bag 1
📜Pengantar Penerbit
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Perkasa, Pemilik Arasy yang mulia. Tuhan yang telah membentangkan mata rantai kenabian dari Adam hingga Muhammad Shal lallahu alaihi wa Sallam.
Semoga shalawat senantiasa tercurah ke haribaan Nabi Muhammad, nabi penebar rahmat bagi seluruh jagad raya. Amma ba'du.
Membaca sirah Nabi Muhammad, bagaikan menelusuri tapak-tapak kehidupan Sang Rasul secara detail dan rinci. Membaca sirah Nabi, laksana mengurai perjalanan hidup Sang Nabi yang penuh warna. Perjalanan hidup yang kaya nuansa. Perjalanan hidup yang penuh cita rasa.
Sirah Nabi Muhammad, merekam seluruh mata rantai perjalanan beliau dari kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi Nabi, perjuangannya yang heroik dan tantangan- tantangan besar
yang dilaluinya, hingga wafatnya.
Dalam perjalanan sejarahnya kita dapatkan beragam pelajaran sangat penting yang patut kita jadikan suri tauladan dalam rekam jejak perjalanan kita. Kekayaan ruhaninya yang melimpah patut kita jadikan sebagai sumber abadi yang harus kita reguk.
Ufuk pemikirannya yang luas, patut kita jadikan inspirasi sepanjang masa. Akhlaknya yang tanpa cela layak kita ikuti selama hayat kita.
Dalam sirahnya akan tampak pada kita semua semua perilaku indahnya, akhlak dan moralnya dan pengaruhnya yang demikian besar dalam melahirkan generasi-generasi tangguh melewati tangan dinginnya yang senantiasa mengelus lembut para pengikutnya.
Dalam sirahnya kita diajarkan cinta pada sesama, peduli pada tetangga, kasih pada kawan dan lawan. Strategi menaklukkan hati manusia. Di samping itu juga kita diajarkan untuk bermental baja dalam menegakkan nilai-nilai Islam, teguh dalam berdakwah tak rapuh dalam berjuang.
Dalam sirahnya kita akan dapatkan cinta tulusnya untuk para sahabatnya, dan cinta mereka untuk Nabinya. Cinta tanpa pamrih yang lahir dari hati yang suci.
Namun pada saat yang sama kita juga akan disadarkan bahwa musuh-musuh ummat ini tidak akan henti-hentinya untuk menghadang kebenaran Islam kapan pun dan dimanapun.
Dan Rasulullah telah memberikan tip-tipnya bagaimana kita terus memancangkan panji kebenaran
dalam kondisi dan situasi apa saja.
Dalam sirahnya akan kita dapatkan makar, konspirasi musuh-musuh Islam yang mereka lakukan dengan rapi dan sistimatis.
Sirah Nabawiyah atau yang lebih dikenal dengan Sirah Ibnu Ishaq yang disyarah Ibnu Hisyam yang kini ada di tangan Anda adalah buku paling representatif yang membahas tentang perjalanan hidup Nabi Agung.
Ini adalah buku sirah yang paling lengkap dan menjadi sumber utama penulisan buku-buku sirah setelahnya. Tak ada satu buku sirah manapun yang ditulis setelah itu kecuali dia pasti merujuk pada Sirah Ibnu Hisyam ini. Semua sejarawan Islam telah berhutang intelektual kepada Ibnu Hisyam, penulis buku sirah ini.
Banyak kesulitan yang kami hadapi dalam menerjemahkan buku ini, terutama tatkala menerjemahkan syair-syair klasik yang rumit, membosankan dan menjemukan. Alhamdulillah kami terbantu dengan buku terjemahan Sirah Rasul-nya A. Guillaumi yang dia beri judul The Life of Muhammad, buku terjemahan Sirah Ibnu Ishaq yang pada akhir buku ada catatan khusus untuk sirah Ibnu Hisyam.
Dan yang ikut menjadi catatan penting di sini adalah beberapa syair dan penggalan peristiwa dan kejadian yang tidak mengganggu inti alur perjalanan hidup Rasulullah yang sengaja kami hilangkan demi menghindari pengulangan dan rasa bosan dalam mencerna pesan atau berita yang disampaikan Ibnu Ishaq maupun Ibnu Hisyam.
Terjemahan Sirah Ibnu Hisyam ini menjadi lebih apik karena adanya tahqiq dan takhrij hadits-hadits yang ada di dalamnya. Satu hal yang tidak dilakukan pada beberapa terjemahan sirah yang ada sebelumnya.
Kritik, masukan dan koreksi kami harapkan demi kebaikan dan perbaikan buku ini di masa datang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan karunia dan rahmatnya bagi kita semua dan menjadikan kita mampu mengikuti teladan Nabi-Nya.
📚 Revolusi Sirah Nabawiyah
 Ibnu Ishaq
♦️Syarah & Tahqiq:
Ibnu Hisyam
♦️Takhrij Hadist:
Al-Allahmah Asy-Syaikh Al-Muhaddist Muhammad Nashiruddin Al-Albani 🎓

Komentar